PELUANG DAN INSPIRASI USAHA

A.    PELUANG DAN INSPIRASI USAHA
Peluang dalam bahasa inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen.Jadi, peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang.Inspirasi merupakan sumber dari peluang.
Ketika seseorang memperoleh inspirasi, berarti dia membuka sebuah peluang untuk suatu hal yang baru. Inspirasi muncul ketika terjadi konektivitas (pertemuan atau titik temu) antara pengetahuan, memori, dan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki oleh seseorang dengan cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.
 Faktor-faktor yang dapat memunculkan inspirasi adalah sebagai berikut.
1.    Faktor internal, yaitu factor yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai subjek, antara lain:
a.    Pengetahuan yang dimiliki;
b.    Pengalaman dari individu itu sendiri;
c.    Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah;
d.    Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.
2.    Faktor eksternal, yaitu hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnis, antara lain:
a.    Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan;
b.    Kesulitan yang dihadapi sehari-hari;
c.    Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun oranglain;
d.    Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Bila ditampilkan dalam sebuah diagram, maka munculnya ide untuk sebuah inspirasi adalah  sebagai berikut.
Munculnya sebuah inspirasi merupakan proses filterisasi atau pemilihan dari berbagai banyak ide dan gagasan yang berujung pada sebuah kristalisasi ide. Bila ide dan gagasan tersebut memiliki nilai jual tinggi, maka akan menghasilkan sebuah inspirasi yang akan berubah menjadi peluang. Idea tau gagasan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ide atau gagasan yang berhubungan erat dengan pasar.
Biasanya ide ini memiliki cirri, antara lain:
1.    Mampu memenuhi kebutuhan dari konsumen atau pasar;
2.    Memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) dalam sebuah kompetisi (punya daya saing);
3.     Tidak bersifat sementara atau adanya aspek waktu yang lama;
4.    Ada nilai uang atau bias dinilai dengan uang;
5.    Memenuhi aspek kreativitas dan inovasi yang bersifat solusi atau penyelesaian masalah dan kesulitan yang selama ini belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.
        Peluang yang berasal dari sebuah ide usaha yang diperoleh dari sebuah inspirasi, harus merupakan peluang yang potensial, sehingga dapat dikategorikan sebagai peluang usaha yang baik.
Ciri – ciri usaha yang potensial :
1.    Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi,
2.    Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata,
3.    Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama dipasar,
4.    Tidak akan menghabiskan modal ( uang ),karena terlalu besar investasinya,
5.    Tidak bersifat momentum atau bersifat musiman ( seasonal ),
6.    Bias di tingkatkan sekalanya menjadi sekala industri.
Ciri – ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai berikut :
1.    Peluang itu Orisinal dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha orang lain. Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama dengan usaha yang ditiru karena kondisi dan situasi yang telah terjadi dan yang akan terjadi belum tentu sama.
2.    Peluang itu harus dapat mengantisipasi  perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Dalam arti, peluang itu bias terus di tingkatkan nilai jualnya serta bias terus diinovasi.
3.    Benar – benar sesuai dengan keinginan agar peluang bias bertahan lama.
4.    Tingkat visibilitas ( kelayakan usaha ) benar – benar teruji untuk itu dilakukan riset dan trial ( uji coba ) dalam pasar.
5.    Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain.
6.    Ada keyakinan bisa mewujudkannya dan sukses untuk menjalankannya.
7.    Ada rasa senang menjalankannya dan benar – benar suka dengan bisnis tersebut.

B.    SUMER PELUANG USAHA DAN CARA MENGEMBANGKANNYA
1.    Peluang dari diri sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya adalah peluang yang bersumber dari dalam diri sendiri.
Alasannya sebagai berikut.
a.    Usaha membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup.
b.    Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah anda mencintai pekerjaan atau usaha tersebut.
c.    Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya  bisa terwujud. Untuk itu, bila anda mampu mengerjakan, terampil, anda akan cepat sukses. Usaha itu yang penting bersumber dari apa yang anda punyai  bukan yang orang lain miliki (fotocpy).
Salah satu peluang yang berasal dari diri anda adalah sebagai berikut.
a.    Hobi
Hobi bisa menjadi awal dari kesuksesan seseorang dalam berwirausaha, bahkan usahanya bisa berkembang dan tumbuh pesat.
Contoh :
1)    Bill Gates yang hobi mengotak – atik computer, beranggapan bahwa mesin main frame yang diciptakan oleh IBM terlalu besar. Kemudian dia berpikir dan memperoleh inspirasi.
•    Banyak orang kesulitan untuk menggunakan mesin computer yang besar, sebagai besar orang ingin computer yang praktis, kecil, bisa diletakkan diatas meja dan canggih.
•    Ketidak sempurnaan system operasi yang ada dalam computer  telah menginspirasinya untuk menciptakan DOS ( Disk Operating System ) yang kemudian berkembang menjadi windows.

2)    Dari gang sempit  Caladi No. 59, Marius Widyarto terinspirasi untuk membuat usaha kaos. Dengan berbekal hobi menyablon kaos, dia mulai memasarkan kaos produksi nya pada teman – temannya. Ternyata banyak temannya yang tertarik, dan mengira bahwa kaos tersebut berasal dari luar negeri. Inilah cikal bakal dari bisnis kaos yang terkenal dengan merk C59.

b.    Keahlian
Keahlian yang anda miliki dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian.
Contoh :
Pendiri dan pencipta mesin pencari ( search engine )Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin yang ahli dalam matematika dari Stanford University, menemukan peluang usaha dari masalah dan kesulitan yang mereka hadapi.

c.    Pengetahuan dan latar belakang pendidikan
Pengetahuan dan latar belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang paling potensial untuk menemukan peluang emas karena anda sudah mengetahui, mempelajari dan memahami bidang yang anda tekuni.
Contoh :
•    Seseorang lulusan SMK jurusan teknik mesin yang terus mendalami bidang perbaikan motor atau mobil, akhirnya memahami bahwa usaha itu bersumber dari banyaknya keluhan dan kesulitan yang dihadapi pemilik motor atau mobil. Oleh karena itu, akhirnya ia hanya berfokus pada bidang tersebut. Misalnya, jasa AC mobil, aksesoris, perbaikan mesin motor, modifikasi motor dan mobil, pengecatan, atau yang lainnya.

2.     Peluang dari Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul dari lingkungan, antara lain sebagai berikut .
a.    Usaha atau bisnis orang tua.
b.    Lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah dan teman main.
c.    Kebiasaan Anda ketika berangkat dan pulang sekolah, baik itu dalam perjalanan atau dilingkungan sekolah dan teman sekolah.
d.    Saat Anda berkunjung ke berbagai tempat.

3.    Peluang dari Perubahan yang Terjadi
Peluang terbesar yang sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah peluang yang berasal dari perubahan dilingkungan, yaitu sebagai berikut.
a.    Perubahan global
b.    Perubahan lingkungan
c.    Perubahan peraturan pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi industry yang terkena dampaknya, namun justru menimbulkan peluang bagi yang mampu membaca situasi dan mendapatkan manfaatnya.
d.    Perubahan musim
e.    Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat pada umumnya.
f.    Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi (berat), sehingga kebutuhan akan hiburan semakin tinggi.
g.    Perubahan gaya hidup.
h.    Perubahan teknologi informasi dan komunikasi
i.    Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan

4.    Peluang dari Konsumen
Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru diantaranya:
a.    Keluhan-keluhan konsumen
b.    Saran-saran dari konsumen
c.    Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen
d.    Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu
e.    Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa anda.

5.    Peluang dari Gagasan Orang Lain
Gagasan dari orang lain yang bersifat orisinal akan memunculkan sebuah peluang usaha yang baru pula.

6.    Peluang dari Informasi yang Diperoleh
Peluang yang dapat muncul dari informasi yang diperoleh antara lain:
a.    anda memperoleh informasi tentang produk baru yang sedang trend an mengetahui cara membelinya. Sementara, di kota lain belum ada produk tersebut tetapi iklannya sudah sudah diketahui oleh masyarakat di sana. Ini berarti sebuah peluang karena kemampuan konektivitas, yaitu menghubungkan antara pasar yang masih kosong dengan kebutuhan produk yang sedang tren.
b.    Informasi tentang kebutuhan produk yang harganya lebih mahal di tempat lain untuk produk yang sama. Ini juga sebuah peluang karena adanya selisih harga.
c.    Informasi tentang kebutuhanproduk tertentu dan anda tahu di mana bisa memperoleh produk tersebut.

C.    FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN PELUANG USAHA
1.    Factor-faktor Keberhasilan Peluang Usaha
Factor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut.
a.    Peluang itu memenuhi cirri-ciri peluang usaha yang baik, bukan sekedar ide usaha atau baru sekedar inspirasi saja.
b.    Peluang itu berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan.
c.    Peluang itu memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil bila dijalankan. Dalam arti tingkat visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan do pasar.
d.    Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu telah melalui uji pasar, seperti:
1)    Seberapa besar tingkat kebutuhan produk tersebut di pasar,
2)    Seberapa tinggi tingkat kontinuitas kebutuhan akan produk tersebut,
3)    Mengapa orang enggan membeli dan menggunakan produk tersebut.
e.    Produk yang akan dihasilkan dari peluang tersebut mengikuti tren (kecenderungan) perubahan pasar.
f.    Produk yang akan dihasiikan dari peluang dapat terus-menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya.

2.    Faktor-faktor Kegagalan Peluang Usaha
a.    Peluang itu bersifat jangka pendek, karena kebutuhn pasar yang bersifat musiman dan tidak kontinu (sesaat).
b.    Peluang itu sudah ‘kadaluarsa’ atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut.
c.    Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya.
d.    Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan.
e.    Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat, sehingga:
1)    Produk tidak laku dipasar, karena tingkat kebutuhan kecil atau penetapan harga jual yang terlalu tinggi.
2)    Produk terlihat sudah kuno (out of date), karena terjadi perubahan kebutuhan atau munculnya teknologi baru.
3)    Produk mudah ditiru oleh orang lain.


D.     MEMETAKAN PELUANG USAHA
Terkadang ketika sudah memutuskan untuk berwirausaha, anda bingung utuk memulainnya. Langkah termudah adalah memulai dari hal yang anda minati. Ketahui apakah minat anda itu hanya sekedar hobi atau akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Kesuksesan akan dating dengan sendiri nya ketika anda memiliki pijakan awal yang kuat dan tidak pernah menyerah terhadap proses yang ada. Contohnya:
1.    Jika anda senang memasak, pikirkanlah apakah minat anda sekedar hobi atau ada keinginan untuk memasak enak untuk orang lain. Jika hanya merupakan hobi, anda bisa berbisnis restoran dengan memperkerjakan seorang koki untuk memasak. Namun, jika anda senang dan ahli memasak anda bisa membuka usaha restoran dengan anda sebagai kokinya.
Cara sukses dalam memanfaatkan peluang menjadi sebuah usaha adalah dengan mengetahui hubungan antara Aku, Bisnis, dan Pasar.
Ada empat langkah untuk menemukan inspirasi usaha, yaitu sebagai berikut.
1.    Tentukan dari mana anda mulai menemukan sebuah sumber peluang.
2.    Temukan sector yang tepat untuk anda masuki.
3.    Berdayakan kekuatan produk anda agar memiliki nilai jual.
4.    Evaluasi dan berdayakan peluang anda menjadi produk (bisnis).

E.    PEMANFAATAN PELUANG SECARA KREATIF DAN INOVATIF
Peluang usaha anda harus diberdayakan menjadi peluang emas dengan secara kreatif dan inovatif dengan melakukan cara-cara berikut.
1.    Make modification (melakukan beberapa perubahan).
2.    Make it better (membuat yang lebih baik).
3.    Make it the first (menjadi yang pertama).
4.    Make it special products (membuat produk khusus)
Contoh usaha/jenis produk khusus, antara lain:
a.    Bengkel khusus motor vespa
b.    Restoran yang khusus menyajikan makanan dari bebek
c.    Toko yang khusus menjual atau menyewakan pakaian pengantin
d.    Mainan anak-anak berbahan dasar kayu.
5.    Cloning (meniru habis tetapi merk berbeda)
6.    Substitute (menjadi produk pengganti)


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini